Tuesday 27 October 2015

SISTEM PENDINGIN SUHU RUANGAN FCU

Chiller

Chiller adalah mesin refrigerasi yang berfungsi untuk mendinginkan air pada sisi evaporatornya. Air dingin yang dihasilkan selanjutnya didistribusikan ke mesin penukar kalor ( AHU dan FCU ).
sistem chiller
CHWP –> Evap –> AHU –> CHWP
air yang bersirkulasi, yang garis warna biru adalah air dingin (supply) yang dikirim dari chiller menuju AHU dan yang berwarna merah return dari AHU yang dikirim ke Chwp yang akan masuk ke Evap dan didinginkan kembali kemudian di supply kembali ke AHU.
AHU –> ROOM –> AHU
udara yang bersirkulasi, dari AHU menghembuskan udara dingin karena air dingin dari chiller melewti coil AHU dan udara tersebut dikirim ke ruangan yang akan didinginkan, kemudian udara yang sebelumnya berada diruangan tersebut akan disedot oleh AHU melalui ducting return.
Jenis chiller didasarkan pada jenis cara pendinginan kondensornya :
a. Air Cooler
Air yang ditekan oleh CHWP yang masuk ke evap kemudian didinginkan oleh evap, air dingin dari evap dikirim ke AHU/FCU terus kemudian kembali ke evap untuk didinginkan kembali,karena air yang telah dikirim ke AHU dan  kembali ke evap membawa kalor panas dari ruangan yang telah didingnkan .
Chiller air coold
Chiller air coold1
b. Water Cooler
chiller water cooold
1 tabung epav dan 1 tabung lagi kondensornya, tabung evap yang dilapisi oleh isolasi untuk menghindari kondensasi
COMPRESSOR
Compressor adalah alat untuk mengkompressikan  uap refrigerantbertekanan rendah dari evaporator ke kondenser menjadi uaprefrigerant gas bertekanan tinggi.dimana uap ini sudah membawakalor/panas dari evaporator. Dimana pada unit ini compressor yangdigunakan model Screw compressor yang terdiri dari screw male danfemale
compresos
Persentase/kapasitas compressor bisa bermodulating dari 40% sampai100%, tergantung dari persentase yang diinginkan sesuai denganbeban dari load yang adaAlat untuk mernaikkan kapasitas daricompressor ini adalah Slide Valve yang berada di dalam compressor itusendiri. Slide valve bekerja berdasarkan tekanan oli yang di atur olehselenoid valve Male load/unload
selenoid
slid valveloading  unloading
OIL SEPARATOR
Oil Separator  adalah alat untuk memisahkan refrigerant dan oli yangsudah  di kompresikan oleh compressor. Dimana asal oli tersebutadalah dari evaporator ataupun dari compressor setelah dipergunakansebagai pelumas bearing-bearing compressor.
Refrigerant dan oli akan di pisahkan di oil separator, dimana olinya akanjatuh secara gravitasi ke dasar oil separator dan kembali ditekan kecompressor untuk pelumasan bearing-bearing di compressor,sedangkan refrigerant yang berupa gas bertekanan tinggi (berkalor)akan diteruskan ke condenser.
Untuk menjaga supaya oli tidak bercampur dengan refrigerant cair,maka di oil separator dipasang heater, dimana heater tersebut untukmenjaga agar komposisi oli itu 100% olikarena jika mercampurdengan refrigerant cairdikhawatirkan akan merusak bearing-bearingpada saat compressor star.
Oil sparator
Oil sparator 1
CONDENSER
Condenser adalah alat untuk mengkondensasikan gas refrigerantbertekanan tinggi yang di kompresikan oleh compressor menjadi liquid refrigerant bertekanan tinggi.
Dimana pada unit ini media pendinginnnya menggunakan media udarayg disirkulasikan dengan fan condenser
condensor kondensor1
REFRIGERANT FILTER (FILTER DRYER)
Refrigerant filter (filter dryer) adalah alat untuk menyaring kotoran pada sytem, Setelah phasa refrigerant berubah jadi cairan/liquidbertekanan tinggisetelah dari condenser akan melewati refrigerant filter (filter dryer) guna menyaring/memfilter jika pada cairanrefrigerant tersebut terdapat kotoran.Kotoran dimungkinkan berasaldari kerak oli ataupun sisa dari pekerjaan repai (jika ada).
filter drayer
ELECTRONIC EXVANSION VALVE (EXV)
EXV adalah alat untuk mengexpansikan liquid refrigerant bertekanantinggi dari condenser menjadi liquid refrigerant bertekanan rendah keevaporator
Hal tersebut diatas untuk mempermudah penyerapan kalor di evaporator, dengan alat ini refrigerant cair bertekanan tinggi yang daricondenser, phasanya  dirubah menjadi refrigerant cair bertekananrendah
exv exv1 exv2
LIQUID LEVEL
Pada unit RTAC terpasang Liquid level yaitu alat untuk membacabanyaknya level refrigerant yang berada di evaporator. Dari liquid levelini dihasilkan data untuk mengatur pembukaan exvansi (EXV),sedangkan pada unit ERTAD pembukaan exvansi diatur berdasarkanpembacaan dari sensor saturasi evaporator.
liquid level
EVAPORATOR
Evaporator adalah alat untuk meng evaporasikan (menguapkan) liquid refrigerant bertekanan rendah menjadi gas refrigerant bertekananrendahPerubahan phasa refrigerant tsb dikarenakan perpindahan kalordari air ke refrigerant, dimana kalor tersebut berasal dari media yangdidinginkan
IMG20141004151845
PERIODIC MAINTENANCE
1.HARIAN
Ambil data log sheet secara lengkap dalam range waktu satu jam sesuaidengan logsheet masing-masing unit. Hal ini berguna untukmenganalisa masalah jika terjadi problem dikemudian harinya.
2.MINGGUAN
  • Jalankan semua prosedur logheet harian secara lengkap
  1. PERTIGA BULANAN
  • Jalankan semua prosedur logsheet harian dan mingguan secaralengkap
  • Cleaning strainer baik itu untuk CHWP ataupun untuk AHU dan FCU.
  • Cek dan kencangkan semua sambungan kabel control dancompressor.
  • Cek dan pembersihan kontaktor
  • Pengecekan kebocoran pada seluruh bagian dari systemCleaning fin (sirip condenser) dengan air dan detergent menggunakan jetcleaneryang tekanan airnya kurang lebih 10 BAR dengan nozle spray (ataudilakukan jika sirip fin condenser sudah kotor.
  • Jika sudah kotoran yang menempel pada fin sirip condenser sudahsusah untuk dibersihkan menggunakan cara diataspembersihanharus menggunakan campuran chemical (aluminiumcleaner).“JANGAN MENGGUNAKAN ALUMINIUM CLEANER TERLALU SERING, SEBAB DAPAT MENGAKIBATKAN RUSAK/RAPUHNYA FIN CONDENSER”

No comments:

Post a Comment